Sabtu, 24 November 2018

Review Novel "Laskar Pelangi"

Kelas ODOP memberikan tugas melakukan review buku fiksi yang dibaca minggu ini. Saya memilih novel "Laskar Pelangi" karangan Andrea Hirata untuk direview, karena saya selama ini hanya menonton filmnya, dan memang belum pernah membaca novelnya.

Novel ini menceritakan persahabatan 10 orang anak dengan latar belakang berasal dari keluarga miskin di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Walaupun begitu mereka selalu semangat belajar di sekolah.

Masing-masing tokoh memiliki karakter yang digambarkan dengan baik dalam novel ini. Ada Lintang, pemuda dengan kecerdasan di atas rata-rata, tapi mengalami nasib yang kurang baik karena harus putus sekolah sebelum sempat lulus SD. Ada Mahar, tokoh yang jenius luar biasa di bidang seni. Dan tokoh lain yang tak kalah kuat karakternya, Ibu Guru Muslimah, seorang guru yang sangat sabar dalam mendidik mereka, serta bapak Kepala Sekolah bernama Harfan  yang tegas dan sabar.

Setting yang digunakan tergambar dengan jelas di novel ini. Bahkan suasana kemiskinan pun jelas terbaca dari kondisi gedung sekolah yang mulai bobrok, masyarakat yang terkesan miskin, dan kesulitan orangtua mereka sebagai buruh penambang timah dan nelayan kecil.

Novel ini mempunyai kelebihan yaitu menggunakan gaya bahasa yang menarik dan nyaman dibaca. Alur cerita mengalir dan dapat membawa emosi pembaca. Saya sempat menangis sewaktu membaca bagian di mana Lintang harus putus sekolah dan berpisah dari teman-temannya karena harus bekerja menghidupi keluarganya setelah kematian bapaknya.

Novel ini memberikan banyak pelajaran yang perlu diteladani. Rajin bekerja, berusaha, semangat kekeluargaan, dan selalu bersyukur atas rahmat yang diberikan oleh Allah SWT.

#KelasFiksiODOP_6
#OneDayOnePost
#TantanganReviewBukuFiksi

1 komentar: